Kedudukan Akhlak Dalam Islam

KEDUDUKAN AKHLAK DALAM ISLAM

oleh: Hamim Khaldun Muifilit

  1. Akhlak sebagai the central teaching of islam(pusat ajaran islam)

Dalam alquran terdapat kurang lebih 1500 kata yang mengandung ajaran – ajaran tentang akhlak, baik yang teoritis maupun tuntunan praktis. atas dasar ini, hampir seperempat kandungan alquran berbicara tentang akhlak. demikian pula dalam hadits, sehingga dapat disimpulkan bahwa akhlak menempati kedudukan yang sangan urgen dalam islam.

Diantara ayat alqur’an dan hadits Nabi SAW yang secara teoritis mengandung ajaran-ajaran mengenai akhlak adalah sebagai berikut:

  1. Q.S. AlA’raf: 96

وَلَوْأنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوْا وَاتَّقُوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَاْلَارْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوْا فَاَ خَذْنَهُمْ بِمَا كَا نُوْا يَكْسِبُوْنَ. {الاعرف:96}.

Jikalau sekiranya negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan ayat-ayat Kami, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatanya”

  1. Q.S. Al-Zalzalah: 7-8

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ. وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًا يَرَهُ.{الزلزلة:7-8}

barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji dzahrah pun niscaya dia akan melihatnya. dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat biji dzahrah pun niscaya dia akan melihatnya”

  1. اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأتَّبِعِ السَّيْئَةَ اْلحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَاِلقِ النَّسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

bertaqwalah kamu kepada Allah di manapun kamu berada, dan iringilah perbuatan jahat dengan berbuatan baik, maka kebaikan itu akan mengahpuskanya, dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik.(H.R. Tirmidzi)

jika perhatikan kedua ayat alquran dan hadis nabi di atas, di peroleh ajaran akhlak bersifat teoritis, yaitu ajaran pentingya beriman, bertaqwa, dan beramal shaleh. secara teoritis keimanan dan ketaqwaan seseorang yang di ekspresikan dalam bentuk amal shaleh.

sementara itu di antra ayat alqur’an dan hadits yang secara praktis mengandung ajaran-ajaran mengenai akhlak adalah sebagai berikut.

  1. Q.S. Al-mu’minun ayat 1-7

Sungguh beruntunglah orang –orang yang beriman yaitu orang yang khusu’ dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna. Dan orang –orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluanya. kecuali terhadap istri-istri mereka atau bahkan budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. barangsiapa yang mencari di balik yang itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas”

  1. Q.S al-Luqman :18-19

dan janganlah kamu berejalan di muka bumi dengan angkuh. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakanlah suaramu. sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”

  1. H.R Muttafaqun ‘alaih.

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّ حْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَأَلْتُ النَّبِىَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَىُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ تَعَالَى ؟ قَالَ: الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا. قُلْتُ: ثًمَّ اَىِّ؟ قَالَ: بِرُ الْوَالِدَيْنِ، قُلْتُ: ثُمَّ أَ ىِّ؟ اَلْجِهَدُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

diriwayatkan dari Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud ra, dia berkata: aku bertanya kepada Nabi Saw.: “ apa amalan yang paling di sukai oleh Allah SWT?” beliau menjawab: “ shalat tepat pada waktunya”. aku bertanya lagi: “kemudian apa? “beliau menjawab: “ birrul wâlidain”. kemudian aku bertanya lagi: “seterusnya apa?” beliau menjawab:”Jihad fî sabîlillâh”

  1. Akhlak Ukuran Keimanan seseorang

Selain sebagai tema sentral ajaran islam, akhlak dalam islam juga dijadikan oleh Allah sebagi tolak ukur keimanan seseorang. kesempurnaan iman seseorang dapat dilihat dari kebaikan akhlaknya. pernytaan ini di dasarkan pada penegasan rasulullah SAW berikut ini:

أَكْمَلُ اْلمُؤْ مِنِيْنَ إِيْمَنًا أًحْسَنُهُمْ خُلُقًا (رواه الترمذى).

sesempurnanya iman seorang mukmin adalahorang yang baik akhlaknya”

Sumber:

Shudarno shobron dkk,2006, Studi Islam:Surakarta, LPID

depag, 2002, alqur’an dan terjemahanya : Surabaya, mekar surabaya

By pakdhehamimmaleo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s