Contoh Proposal KMD IAIN Surakarta

CONTOH PROPOSAL

Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD)

 

A.PENDAHULUAN

 

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia, agar menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur baik mental maupun spiritual, serta mempunyai budi pekerti yang tinggi dan kuat dalam keyakinan beragama, cerdas, terampil dan sehat jasmaninya.

Tugas pokok gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, mencari tujuan Gerakan Pramuka sehingga dapat membentuk kader-kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk kader-kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya gerakan Pramuka memperhatikan pula keadaan, kemampuan, kebutuhan dan harapan masyarakat termasuk para orang tua. Sehingga gerakan Pramuka terutama pada satuan-satuannya dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai dengan apa yang diharapkan orang tua dan masyarakat setempat.

Masalah yang dihadapi Gerakan Pramuka saat ini adalah rendahnya kualitas dan kuantitas Pembina Pramuka. Sudah amat jarang terjadi munculnya Pembina baru yang memiliki pengalaman ketika menjadi siaga, penggalang, penegak maupun Pandega. Banyak Pembina yang muncul karena jabatannya sebagai seorang guru, misalnya guru olahraga, guru kelas, yang notabene kurang memiliki pengalaman yang cukup sebagai anggota gerakan Pramuka sebelumnya. Kurangnya pengalaman mereka sudah barang tentu akan berakibat pada lemahnya pemahaman mereka terhadap ide dasar pendidikan kepramukaan.

Sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan Pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka maka, diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga mengerti dan memahami serta ikut memiliki gerakan Pramuka sehingga sadar secara sukarela membantu baik moril maupun materiil terhadap pelaksanaan pendidikan dan latihan di dalam gerakan Pramuka. Selain itu, diharapkan pula muncul Pembina Pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal Kepramukaan serta memahami ide dasar Kepramukaan. Tidak sekedar memandang pendidikan kepramukaan sebagai pelengkap kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, melainkan mendudukan pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional, yaitu sebagai subsistem pendidikan persekolahan (formal). Untuk itu diperlukan kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar bagi Pembina Pramuka.

B.NAMA KEGIATAN

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar”

C.TUJUAN

  • Untuk membekali para Pembina Pramuka tentang pengertian dasar pendidikan Kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan Pramuka di gugus depan.

  • Meningkatkan loyalitas dan kualitas para calon Pembina Pramuka

D.LANDASAN KEGIATAN

Landasan Pemikiran

“… Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri….” (QS. Ar-Ra’du : 11).

“ … Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat….” (QS. Al-Mujadillah : 11).

Landasan Operasional

  • Undang- undang Gerakan Pramuka No.12 Tahun 2010

  • Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

  • Undang- undang RI No 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan

  • Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

  • Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

  • S. K. bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Dirjen Dikti Depdiknas no. 021 tahun 1981 dan no. 047/ DJ/ Kep/ 1980 tentang kerja sama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Kepramukaan di Gugusdepan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi

  • Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor 203 tahun 2009 tentang anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

  • Program Kerja Dewan Racana yang ditetapkan pada Musyawarah Racana 06 Februari 2010

E.PESERTA KEGIATAN

KMD dapat diikuti oleh semua anggota dewasa Gerakan Pramuka Penegak, Pandega, dan Pembina satuan Gerakan Pramuka dari pangkalan Kampus IAIN dan anggota Pramuka masyarakat dewasa.

F.BENTUK KEGIATAN

1. Bentuk kegiatan yang akan diberikan antara lain ceramah, dinamika kelompok, diskusi, curah pendapat, pemecahan masalah, studi kasus, bermain peran, dan demonstrasi.

2. Teknis pelaksanaan teori kelas dan lapangan.

  • Materi dalam ruangan

  1. Suatu materi yang akan diberikan kepada calon peserta KMD berupa pengetahuan dan keterampilan untuk bekal menjadi seorang Pembina Pramuka

  • Materi out door

  1. Materi penghayatan Siaga

  2. Materi penghayatan Penggalang

  3. Materi penghayatan Penegak

  4. Outbond

G. WAKTU DAN TEMPAT

Hari : Tahap I. Sabtu s.d Minggu

Tahap II. Sabtu s.d Minggu

Tahap III. Jumat s.d Minggu

Tanggal : Tahap I 09 s.d 10 April 2011

Tahap II 16 s.d 17 April 2011

Tahap III 22 s.d 24 April 2011

Tempat : Kampus IAIN Surakarta.

H. PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai dari tanggal : 21 Februari 2011 s.d 7 April 2011

Tempat Pendaftaran : Sekretariat Racana Raden Mas Said Nyi Ageng serang IAIN Surakarta.

Waktu Pendaftaran : 08.00 – 17.00 WIB

  1. PELATIH DAN INSTRUKTUR

Pelatih/Instruktur dari Lembaga Pendidikan Pramuka Kwartir Cabang kabupaten Sukoharjo.

J. KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan kegiatan KMD IAIN surakarta tahun 2010 ini bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Racana IAIN Surakarta Student Center lt.1 Kampus IAIN Surakarta.

Website : http://www.racra.iainska.wordpress.com

E-mail : racra.stainska@gmail.com

K. LAMPIRAN – LAMPIRAN

Struktur Kepanitiaan

Anggaran Biaya

L. PENUTUP

Demikian rencana kegiatan ini kami ajukan, mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik serta mendapat ridha dari Allah SWT. Amin.

 

By pakdhehamimmaleo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s